Bumi Manusia (2019)

Bumi Manusia (2019)

Bumi Manusia (2019), BUMI MANUSIA ialah satu film drama paling baru Indonesia, yang direncanakan launching ditahun 2019. Film Bumi Manusia ini akan menceritakan mengenai cerita hidup seseorang pemuda bernama Minke (dimainkan oleh Iqbaal Ramadhan), Dia ialah hanya satu masyarakat pribumi yang sukses masuk ke sekolah HBS di zaman Belanda. Cerita asmaranya dengan seseorang gadis cantik bernama Annelies (dimainkan oleh Mawar Eva De Jongh) dan kekagumannya akan figur Nyai Nyai Ontosoroh (ibu Annelies) jadikan cerita penting dalam film ini.

Film ini ditempatkan serta disutradarai oleh sutradara film yang cukuplah populer, yakni Hanung Bramantyo. Sedang untuk naskah skenarionya ditulis oleh Salman Aristo. Film ini diadaptasi dari satu buku novel dengan judul yang sama karya Pramoedya Ananta Toer. Embrio dari novel ini sudah ada di pikiran Pramoedya semenjak akhir tahun 1950-an. Cerita Bumi Manusia baru ditulis lalu dua belas tahun saat Pram ada dibui di Pulau Buru pada zaman Orde Baru Soeharto pasca-gejolak politik tahun 1965.

Novel ini keluar pada tahun 1980, namun lalu dilarang edar oleh Kejaksaan Agung. Waktu selesai Reformasi tahun 1998, novel ini (serta novel pun Pram yang lain) baru bisa bebas di jual di toko buku, meskipun larangannya tidak sempat dicabut. Novel Bumi Manusia ini merupakan seri pertama dari novel tertalogi Pulau Buru karya penulis Pram.

Bumi Manusia Movie ini akan di produksi oleh Rumah Produksi Film Falcon Pictures, serta diproduseri oleh Frederica. Mengenai untuk beberapa pemain yang akan bermain serta memeriahkan di dalam film ini, yakni seperti Iqbaal Ramadhan bertindak menjadi Minke, Mawar Eva De Jongh bertindak berperan menjadi Annalies, Sha Ine Febriyanti bertindak menjadi Nyai Ontosoroh, Ayu Laksmi bertindak menjadi ibu Minke, Donny Damara bertindak menjadi bapak Minke, Ciara Nadine Brosnan bertindak menjadi May Marais, Bryan Domani,Hans de Kraker, Jerome Kurnia, Giorgino Abraham, serta Amanda Khairunnisa.

Sinopsis Film Bumi Manusia

Film ini akan bercerita mengenai perjalanan seseorang pemuda bernama Minke (dimainkan oleh Iqbaal Ramadhan). Dia adalah salah satunya anak pribumi yang bisa bersekolah di HBS di zaman Belanda. Di zaman itu, yang bisa masuk ke sekolah itu, cuma beberapa orang dari keturunan Eropa.

Minke adalah seseorang pribumi yang begitu pintar, serta dia pun pintar menulis. Tulisannya bisa membuat orang yang membaca sampai terpesona. Serta banyak dari tulisannya yang dimuat di beberapa Koran Belanda.

Dianya kurang disenangi oleh siswa-siswi Eropa yang lain, di karenakan Dia seseorang pribumi. Minke begitu pemberani, menantang ketidakadilan yang menerpa bangsanya, dan berani memberontak pada kebudayaan Jawa, yang membuat dianya tetap dibawah.

Tidak hanya tokoh Minke, seseorang “Nyai” bernama Nyai Ontosoroh (dimainkan oleh Sha Ine Febriyanti). saat itu dipandang seperti seseorang wanita yang tidak memiliki etika kesusilaan, sebab statusnya menjadi seseorang istri simpanan.

Sebab statusnya menjadi seseorang Nyai itu, membuat begitu menanggung derita, dia tidak memiliki hak asasi manusia yang patut. Akan tetapi, Nyai Ontosoroh sadar akan keadaan itu, hingga dianya berupaya dengan terus-terusan belajar, agar dianya disadari menjadi seseorang manusia.

Nyai Ontosoroh berpendapat, agar bisa menantang penghinaan, kemiskinan, kebodohan, dan yang lain, hanya dengan belajar. Minke pun merajut cerita asmara dengan Annelies (dimainkan oleh Mawar Eva De Jongh), anak dari Nyai Ontosoroh dengan tuan Mellema serta mereka pada akhirnya menikah. Seperti apa keseruan kisahnya?

Jenis Film Drama
Sutradara Hanung Bramantyo
Penulis Salman Aristo
Bintang Film Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva De Jongh, Sha Ine Febriyanti
Produser Frederica
Produksi Falcon Pictures
Tanggal Rilis TBA  2019
Durasi
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *