Daftar 5 Kiper Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Kiper Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Dalam permainan sepak bola, posisi penjaga gawang atau kiper merupakan posisi yang cukup krusial dalam menjaga agar bola tak kebobolan. Posisi itu biasanya diisi oleh sosok yang memiliki tubuh yang tinggi, berpenglihatan yang tajam serta insting yang kuat. Berikut adalah 5 kiper terbaik di dunia sepanjang masa!

1. Lev Ivanovich Yashin

Penjaga gawang berpostur tubuh 189 ini berasal dari negara Uni Soviet atau kini bernama Rusia. Yashin dilahirkan pada 22 Oktober 1929 di Moskwa, Uni Soviet dan meninggal pada 20 Maret 1990. Kiper ini memiliki insting yang tajam dan reflek yang cepat, sehingga dijuluki sebagai kiper terbaik di dunia sepanjang masa.

Yashin telah berhasil menangkis lebih dari 140 tendangan pinalti dengan mulus, yang biasanya menjadi momok menakutkan bagi setiap kiper. Penjaga gawang ini juga pernah menerima penghargaan Ballon d’Or karena dedikasinya. Namun sayang, pada tahun 1986 karirnya harus terhenti karena cedera kaki yang dialaminya sehingga harus di amputasi.

2. Oliver Rolf Kahn

Berasal dari negara Jerman, Oliver Rolf Kahn lahir pada 15 Juni 1969 di Karlsruhe, Jerman Barat. Oliver telah memperkuat klub Bayern Munchen sejak tahun 1994 dan telah bermain di klub itu sebanyak 429 kali. Karena gaya bermainnya yang unik, kiper ini pun memiliki julukan sebagai The Titan.

Kiper kebanggaan Jerman ini, memiliki postur tubuh setinggi 188 cm. Oliver pernah memperkuat Timnas Jerman dalam ajang Piala Dunia secara berturut-turut dari tahun 1994 sampai tahun 2006. Selain bermain di Piala Dunia, pemain yang satu ini juga menjadi kiper utama Jerman dalam ajang Euro 1996, 2000 dan juga 2004.

3. Edwin Van Der Sar

Lahir di Voorhout, Belanda, Edwin Van Der Sar merupakan kiper yang pernah bermain untuk Manchester United. Kiper yang satu ini memiliki kemampuan di atas rata-rata dan berpostur tubuh hampir 2 meter. Mantan manager Manchester United, Sir Alex Ferguson pernah menyebut Van Der Sar sebagai kiper terbaik setelah Peter Schmeichel.

Van Der Sar mampu memberikan performa yang baik meski sudah tak lagi muda untuk ukuran seorang altlet. Di umurnya yang telah berusia 40 tahun, Van Der Sar masih bermain untuk Manchester United. Menjelang masa pensiunnya, kiper tim setan merah ini berhasil membawa Manchester United meraih berbagai macam gelar di 2011.

4. Dino Zoff

Dino Zoff juga memiliki stamina yang kuat meski sudah berusia lebih dari 40 tahun. Pemain ini dianggap sebagai salah satu kiper legendaris Italia yang menjadi kebanggaan bagi klub Juventus. Bersama dengan klub asal Italia tersebut, Zoff berhasil memperkuat tim tersebut sehingga meraih gelar 6 kali di ajang Serie A.

Pemain dengan tinggi 182 cm ini, lahir pada tanggal 28 Februari 1942 di Mariano del Friuli, Gorizia, Italia. Selain bermain dalam ajang Seria A, Zoff juga menorehkan prestasi gemilangnya di Piala Dunia. Zoff menjadi penjaga gawang Italia saat Italia menang atas Jerman dalam final Piala Dunia tahun 1982.

5. Gianluigi Buffon

Berasal dari Italia, penjaga gawang yang satu ini lahir di Carrara, 28 Januari 1978. Gianluigi Buffon merupakan penjaga gawang utama tim nasional Italia dan sekarang berada di klub Juventus. Prestasi terbaik yang pernah ditorehkan oleh Buffon ialah keberhasilannya menjaga gawang Italia yang menang di Piala Dunia 2006.

Ayahnya merupakan atlet angkat besi dan ibunya ialah atlet lempar cakram. Dengan tinggi badan 191 cm dan instingnya yang kuat, Buffon hanya kebobolan dua kali sebagai penjaga gawang. Jadi jangan heran, jika Buffon mendapatkan gelar kiper terbaik sepanjang masa oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS)

Itulah tadi daftar kiper terbaik di dunia sepanjang masa yang namanya begitu melegenda di kalangan pecinta sepak bola dunia. Meski sebagian besar dari pemain diatas telah lama pensiun, namanya akan terus dikenang.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *