Peraturan Terbaru Sepak Bola dari FIFA Telah Disesuaikan Kondisi Terbaru

Peraturan terbaru sepak bola

Dalam sepak bola terdapat peraturan yang mengatur tentang aturan yang ada di sepak bola. Peraturan terbaru sepak bola berisi tentang peraturan-peraturan yang ditambah sesuai kondisi sekarang. Badan  yang merupakan pembuat peraturan sepak bola dunia disebut dengan IFAB. Membuat peraturan juga harus memperhatikan kondisi cuaca. Berikut ulasannya:

1. Pergantian Pemain Maksimum 5 Orang

Sejak kembalinya sepak bola setelah adanya Covid-19, FIFA memperpanjang peraturan dimana dalam satu pergantian dibolehkan mengganti pemain maksimum 5 orang. Peraturan tersebut diperpanjang FIFA sampai 2021 karena pemain baru kembali ke dunia sepak bola sejak maret-juni.

Sedangkan juli harus menyelesaikan kompetisi padahal tahun 2021 harus mempersiapkan kompetisi internasional. Dengan adanya peraturan terbaru sepak bola tentang pergantian 5 pemain  dalam satu permainan diharapkan bisa mensejahterakan pemain apalagi setelah lockdown.

2. Pergantian Pemain Agar Tidak Cedera

Pada Liga-liga elite Eropa terjadi peningkatan cedera kepala pada pemain tengah. Di Liga Inggris Raul Jimenez diperbolehkan melanjutkan permainan setelah berbenturan dengan David Luiz. Sementara setelah kejadian itu dideteksi jika Jimenez mengalami retak tulang tengkorak oleh karena itu FA  menerapkan pergantian pemain maksimal 5 pemain. Peraturan itu siap diikuti FA dan diterapkan pada Liga Super Wanita, Kejuaraan Sepak Bola Wanita, Piala FA, dan Piala FA Wanita.

Peraturan pergantian pemain maksimal 5 orang dalam satu pertandingan diharapkan juga mencegah gegar otak pada pemain. Mengingat resiko gegar otak kerap terjadi saat bermain sepak bola. Liga-liga dunia masih bisa menggunakan peraturan ini sampai Desember 2021.

3. Pergantian Pemain Ekstra Jika Dideteksi Gegar Otak

IFAB menetapkan peraturan baru sepak bola setelah ditinjau dan dibahas selama satu tahun dimana bertujuan agar tim tidak dirugikan karena kehilangan pemain. Peraturan terbarunya yaitu: setiap tim diperbolehkan mengganti pemain ekstra apabila dideteksi cedera gegar otak terjadi pada pemain yang dilakukan.

Hal itu agar menghindari cedera gegar otak pada pemain yang dilakukan dengan profil yang ditetapkan. Dengan begitu tim tidak perlu khawatir jika ditemukan pemain yang mengalami cedera gegar otak saat bermain bola sebab ada penggantinya.

4. Handball

Ada peraturan terbaru sepak bola dalam liga 2020/2021 yaitu: Handball dibawah ketiak. Untuk mengetahui apa terjadi pelanggaran, maka official harus memiliki bukti yang jelas jika bola mengenai lengan pemain tepat dibawah ketiak. Kartu merah boleh ditunjukkan jika terjadi handball di bawah ketiak tapi jika handball lalu bola mengenai bahu tidak dihitung sebagai pelanggaran.

5. Tidak Boleh Mencetak Gol menggunakan Tangan

Handball dilarang oleh IFAB bahkan bisa diberi kartu merah, pemain juga tidak boleh mencetak gol walaupun tanpa sengaja menggunakan tangan. Jika berpeluang mencetak gol atau sebelum gol maka handball itu bisa dikategorikan pelanggaran dan diberi hukuman.

Termasuk pelanggaran bila bola terkena lengan atau tangan bahkan bila tanpa sengaja setelah handball mengenai tim sehingga gol. Termasuk bukan pelanggaran apabila terjadi handball tidak sengaja yang mengakibatkan bola menjauh atau terjadi beberapa operan sebelum gol tercipta.

6. Tidak Ada Degradasi

Pertandingan Liga akhir-akhir ini memang berbeda karena PT LIB memberlakukan tidak ada Degradasi pada Liga 1 2020. Pada Liga 2, akan tetap ada tim yang promosi walaupun hanya dua tim dan jumlahnya tidak sama. Pada Liga 2021 mendatang tidak akan hanya 18 tim melainkan 20 tim.

Selain yang dijabarkan di atas juga terdapat beberapa peraturan sepak bola terbaru seperti diadakan tes swab selama 11 kali dalam satu musim. Peraturan lainnya yang diatur juga mengenai pemain U-20, Liga diadakan di Jawa,  dan Pemain flu tidak boleh bermain.

Untuk pemain asing juga tidak boleh direkrut sembarangan karena pada Liga standarisasi pemain asing diganti. Peraturan-peraturan tersebut dilakukan untuk menunjang kesejahteraan pemain sepak bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *