Sederet Prestasi Timnas Indonesia Sebelum Era 2000an

Prestasi timnas indonesia

Banyak yang berkata bahwa prestasi timnas Indonesia biasa-biasa saja, setiap kali timnas Indonesia bermain, beberapa orang sudah pesimis melihatnya. Apakah benar timnas Indonesia selemah itu? Tidak juga, ternyata ketika melihat masa lalu, ada banyak prestasi yang diperoleh oleh pesepak bola Indonesia baik skala nasional maupun internasional. Penasaran apa saja? Simak artikel ini sampai habis.

1. Mengikuti Piala Dunia FIFA 1938

Siapa bilang pesepakbola kita tidak bisa maju ke kancah internasional? Inilah prestasi timnas Indonesia yang paling membanggakan. Tidak banyak yang mengetahui bahwa pesepak bola Indonesia ternyata pernah ikut di piala dunia. Meskipun masih mengenakan nama Dutch East Indies atau Hindia Belanda, banyak pemainnya yang berasal dari pribumi.

Piala dunia FIFA 1938 tersebut dilaksanakan di negara Perancis. Indonesia adalah peserta Asia pertama yang berhasil lolos masuk ke Piala Dunia. Indonesia mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12 saat itu. jadi jangan salah ya, Indonesia juga pernah diakui oleh dunia, kok.

2. Olimpiade 1956

Olimpiade tersebut dilaksanakan di Melbourne Australia. Timnas Indonesia yang di bawah komando pelatih Toni Pogacknik tersebut berhasil membuat sebuah sensasi dengan menahan imbang tanpa gol oleh Uni Soviet yang dikenal sebagai sepakbola raksasa dunia saat itu. Sayangnya, Indonesia tidak berhasil lolos menjadi juara. Tapi, bukankah itu saja sudah bisa membanggakan?

3. Asean Games 1958

Prestasi selanjutnya dari komando pelatih Toni Pogacknik yakni mendapatkan medali perunggu dari pertandingan Asean Games 1958. Pergelaran ini dilaksanakan di Tokyo, Jepang. Dan menjadi kebanggan sendiri bagi Indonesia dalam ajang resmi turnamen internasional. Ya, meskipun tak menjadi juara 1 tetapi bisa membawa pulang oleh-oleh untuk Indonesia.

4. Juara merdeka Games 1961

Masih di bawah komando Toni Pogacnik, Indonesia pada tahun 1961 berhasil menjuarai Merdeka Games dan membungkam tuan rumah Malaysia dengan skor 2-1. Pada saat itu Indonesia dikenal dengan permainan tenangnya yang mampu memperagakan teknik “Keep the penalty area clean”. Ini adalah gelar pertama Indonesia di kancah Internasional.

5. Pesta Sukan 1972

Hal unik terjadi kali ini, pada Pesta Sukan yang diadakan di Singapura, Indonesia berhasil mengirim dua tim yakni Tim A dan Tim B dengan kekuatan yang sama dan diisi oleh pemain terkuat. Menariknya, kedua tim berhasil lolos di final dan bertanding bersama.

Tim A berhasil masuk final karena telah mengalahkan Kamboja dengan perolehan skor 5-0, sedangkan Tim B berhasil masuk ke final karena telah mengalahkan Hongkong dengan peroleh skor 2-1. Setelah keduanya masuk final, Tim A dan Tim B bertanding dan berhasil dimenangkan Tim A dengan perolehan skor 2-1.

6. Sea Games 1987

Sea Games yang bertempat di GBK menjadi saksi mata perjuangan timnas Indonesia yang pertama kali berhasil menjuarai kejuaraan Sea Games. Kala itu pemain bernama Waidi berhasil mencetak satu gol ke gawang Malaysia di final kejuaraan.

7. Piala Asia 1996

Selanjutnya di Piala Asia 1996, Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah dapat lolos ke Piala Asia. Indonesia juga sempat membuat kejutan dengan mempertahankan skor imbang 2-2 dengan Kuwait yang kala itu sebagai pemegang juara piala Teluk. Tak hanya itu, striker atas nama Widodo Cahyono juga berhasil meraih penobatan sebagai pencetak gol terbaik Asia 1996.

Nah, itulah tadi sederet prestasi Timnas Indonesia yang patut untuk dibanggakan. Jadi, jangan merasa insecure lagi sama pesepakbola Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, mari tetap dukung pesepak bola Indonesia agar dapat kembali meraih masa kejayaan dan diakui oleh Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *